Thursday, June 16, 2022

Motret Hujan denga Sony W-350 digicam

| Thursday, June 16, 2022

 Sudah menjadi kebiasaan bagi Saya ke mana-mana bawa kamera. Dulu sebelum kamera ponsel secanggih sekarang, Saya suka bawa DSLR ke mana-mana walau cuma ke warung kopi. Ya gak selalu kepakai juga kameranya, biasanya diam di dalam tas saja. Namun semakin hari bawa DSLR itu merepotkan dan bikin capek karena body-nya yang gede itu.

Datanglah era di mana kamera yang tertanam di body smartphone semakin canggih. Bisa tarik dari saku dan langsung motret, kualitas gambarnya pun semakin baik. Untuk kebutuhan cetak sudah cukup apa lagi kalau cuma mau disebar melalui media sosial. Lebih ringkas.

Tidak lama, namanya juga selera manusia, memotret dengan memegang ponsel rasanya berbeda dengan menggenggam kamera. Sudah jelas bentuk saja berbeda. Lalu Saya ingin memotret lagi dengan kamera betulan tapi enggan juga bawa yang besar-besar, yang kecil saja. Ketemulah Saya dengan kamera saku Sony W-350 di antara tumpukan kardus waktu membersihkan rumah. Kamera yang dulu dibeli untuk rekreasi. Saya coba charge batrai lalu nyalakan ternyata gak bisa,  mungkin rusak. Akhirnya Saya bawa dulu ke tukang service untuk dicek kerusakan sekaligus minta diperbaiki.

Setelah kamera sudah siap dipakai, Saya selalu mengantonginya di tas kecil yang sama dengan wadah dompet dan ponsel. Ke warung kopi gak perlu bawa-bawa kamera bongsor lagi. Gowes juga lebih ringan. Pun ketika hujan, tinggal berteduh gak takut kerembesan air. Bisa juga sambil motret siraman air dari langit ke bumi.

Waktu itu hujannya deres banget, untung ada warung kopi buat neduh, ya sekalian pesen juga sambil nongkrong.

Air di jalanan sampai meluber.

Beda waktu dan tempat. Sudah agak lama duduk sampil ngopi. Hujan turun deras, arahkan kamera ke jalanan.

Ini masih siang, langitnya gak segelap ini tapi pengen aja mengulik warna di foto biar lebih dramatis.

Waktu main ke Munjungan di Trenggalek, saat berangkat langit cerah pas udah sampai sana hujan gak kalah derasnya. Buru-buru berteduh.

Motret-motret orang yang lewat.

Pinggir jalan, lalu-lalang kendaraan.

Tetap berkendara meski basah kuyup.

Sambil bekerja.

Ini waktu gowes ke atas bukit, untung ada tempat berteduh. Hujan gak terlalu deras tapi sama saja bisa bikin basah kuyup.
Nah itu sedikit cerita tentang motret waktu kehujanan. Mungkin lain kali kalau hujan dan motret bisa posting lagi. Oh ya, info aja sebagian foto di posting ini tentu saja sudah melalui proses editing warna. Bukan apa-apa biar feelnya dapet dan agak dramatis aja gitu. Lain kali akan saya bagikan setting dan presetnya.

Related Posts

No comments:

Post a Comment