Friday, March 31, 2023

Review Pentax MX-1 Kamera Digital Rakitan Indonesia

| Friday, March 31, 2023

Pentax MX-1 adalah penjelmaan versi SLR analog dari Pentax MX yang dibuat digital. Mengusung desain yang serupa, tidak begitu mirip tapi masih mengusung konsep kamera mungil. Meskipun kamera ini bukan kamera DSLR melainkan hanya kamera prosumer biasa, namun foto yang dihasilkan sangat luar biasa.

Pentax MX-1

Saya baru tahu hal ini setelah memiliki kamera ini, dulunya Pentax memang pernah membuat kamera SLR dengan nama MX, dikenal sebagai kamera SLR paling mungil di pasaran. Hmm, jadi pengen punya juga. Pentax MX-1 ini memiliki gaya yang mirip dengan MX, tetapi hadir dengan teknologi yang berbeda, digital. Kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik. Saya suka bahwa kamera ini memiliki layar yang bisa dibuka dan fitur lain yang tidak menonjol tapi praktis.

Ketika saya mengetahui bahwa MX-1 sedang dijual, saya langsung membelinya. Karena Saya sudah berbulan-bulan berburu kamera ini di marketplace. Sudah tidak ada yang jual baru, tinggal bekasnya saja. MX-1 mampu mengambil foto dan video yang bagus pada waktu dirilis dan masih layak digunakan sampai sekarang. Auto fokus pada kamera ini lumayan cepat, tapi tetap tidak terlalu disarankan untuk motret kegiatan olahraga. Kamera ini juga bisa diatur fokusnya secara manul dengan memencet tombol fungsi beberapa kali, sangat berguna jika ingin motret dengan jarak yang tidak berubah dan ingin cepat-cepat. Tapi kembali lagi, menggunakan auto fokus pada kamera ini lebih praktis dan gak ribet.

Yang paling saya sukai dari kamera ini adalah desainnya yang klasik dan kemudahan dalam penggunaannya. Pada awal memiliki kamera ini yang membuatnya terasa kurang adalah tidak adanya fitur wifi untuk transfer file foto, namun masalah ini bisa diatasi dengan mengganti kartu memori dengan kartu SD yang sudah tertanam pemancar wifi.

Pentax MX-1 merupakan kamera yang bisa diandalkan untuk menemani liburan atau street photography. Ada flash yang tertanam pada kamera ini, jadi kalau mau motret di tempat yang gelap akan ada bantuan cahaya yang bisa digunakan. Tentu saja harus memperhatikan jarak kamera dengan subyek.



Ini adalah kamera point-and-shoot yang sederhana dan mudah digunakan. Pentax MX-1 memiliki kualitas foto yang baik untuk dicetak apalagi kebutuhan media sosial. Dengan memberi pilihan untuk mengontrol aperture sehingga dapat mengontrol kedalaman bidang foto. Kesimpulannya, saya sangat menyukai kamera ini.

Related Posts

No comments:

Post a Comment